25 Kehebatan dan Fakta Tentang Aplikasi Telegram

wp-1515653957379..jpg25 Kehebatan dan Fakta Tentang Aplikasi Telegram

  1. Telegram adalah sebuah aplikasi layanan pengirim pesan instan multiplatform berbasis awan yang bersifat gratis dan nirlaba. Klien Telegram tersedia untuk perangkat telepon seluler (Android, iOS, Windows Phone, Ubuntu Touch) dan sistem perangkat komputer (Windows, OS X, Linux). Para pengguna dapat mengirim pesan dan bertukar foto, video, stiker, audio, dan semua tipe fail atau berkas. Telegram juga menyediakan pengiriman pesan ujung ke ujung terenkripsi opsional.
  2. Telegram dikembangkan oleh Telegram Messenger LLP dan didukung oleh wirausahawan Rusia Pavel Durov. Kode pihak kliennya berupa perangkat lunak sistem terbuka namun mengandung blob binari, dan kode sumber untuk versi terbaru tidak selalu segera dipublikasikan, sedangkan kode sisi servernya bersumber tertutup dan berpaten. Layanan ini juga menyediakan API kepada pengembang independen. Pada Februari 2016, Telegram menyatakan bahwa mereka memiliki 100 juta pengguna aktif bulanan, mengirimkan 15 miliar pesan per hari.
  3. Keamanan Telegram telah menghadapi pemeriksaan teliti yang menjadi perhatian; para kritikus mengklaim bahwa model keamanan Telegram dirusak oleh penggunaan protokol enkripsi yang dirancang khusus yang belum terbukti andal dan aman, dan dengan tidak mengaktifkan percakapan aman secara default. Telegram juga menghadapi kritik karena penggunaan skala luas oleh organisasi teroris Negara Islam (NIIS). NIIS telah merekomendasikan Telegram kepada para pendukung dan anggotanya dan pada Oktober 2015 mereka mampu melipatgandakan jumlah pengikut saluran resmi mereka menjadi 9.000 orang
  4. Telegram telah mulai memberikan pembaruan versi 4.7 untuk aplikasi perpesanannya. Dalam pembaruan tersebut memungkinkan penggunanya untuk memiliki beberapa akun dalam satu aplikasi. Saat ini bisa menambahkan hingga tiga akun Telegram (terhubung ke nomor telepon yang berbeda) di aplikasi telegram yang ada di smatphone kalian. Untuk beralih dari akun satu ke akun yang lain cukup gunakan menu yang ada samping kiri. Secara default, kalian juga akan dapat menerima notifikasi dari semua akun. Notoifikasi ini dapat kalian ubah di menu pengaturan pemberitahuan. Update yang diberikan oleh Telegram juga menambahkan fitur balasan cepat – cukup geser ke kiri pada pesan apa pun dalam obrolan untuk mengakses fungsi ini.
  5. Telegram Messenger dikabarkan telah memutuskan untuk meningkatkan jumlah orang yang diizinkan dalam kelompok supergroup menjadi 30.000. Dalam blognya Telegram menjelaskan nantinya grup chatting di Android dan iOS biasa yang sebelumnya memiliki limit 10.000 – 20.000 anggota akan dihapus. Satu-satunya grup chatting yang bisa dibuat hanyalah supergroup yang beranggotakan 30.000 saja. Pembaruan ini dinilai cukup penting, karena pemilik grup bisa menambah admin lainnya dalam grup yang sama, namun membatasi ‘kuasa’ mereka dalam grup. Misalnya, pemilik berkuasa untuk mengubah info grup, menghapus pesan, memblokir pengguna, atau menambah admin lain. Update ini telah dilakukan di sisi backend system (server Instagram), yang artinya pengguna tidak perlu meng-update aplikasi Telegram di smartphone-nya, karena bakal muncul otomatis. Grup percakapan dengan anggota banyak tentu berpotensi menimbulkan ‘kekacauan’. Untuk mengendalikannya, Telegram mengatakan bahwa admin grup dapat menggunakan izin pendahuluan dan butler bots untuk mengedalikannya. Butler bots berfungsi sebagai pengatur grup, mulai dari mengundang (welcome), aturan grup, peringatan, menghapus anggota, pelarangan sementara (temporary ban), pelarangan, dan lain sebagainya. Beberapa minggu lalu Telegram telah mengubah ‘chat history’ untuk anggota baru grup dari visible (terlihat) menjadi hidden (tersembunyi). Ketentuan ini ditambahkan untuk supergroup pribadi, sehingga pemilik grup lebih mudah mengontrol

  6. Telegram saat ini sudah digunakan hampir di seluruh belahan dunia. Seperti yang dilansir dari TechCrunch, di tahun 2016 Telegram memiliki 100 juta pengguna yang aktif setiap bulannya dan 350.000 pengguna baru setiap harinya. Dengan pengguna yang sebanyak ini, Telegram mengaku dapat menghantarkan 15 miliar pesan setiap harinya.
  7.  fitur Cloud-Based Message. Fitur ini membuat pesan Telegram dapat diakses oleh semua gadget yang terhubung dalam satu akun. Pengguna juga dapat berbagi pesan tipe apapun baik foto, video, audio, atau tipe lainnya dengan batas ukuran pesan hingga 1.5 Gigabyte. Pengguna dapat mengirim pesan tersebut ke pegguna lainnya secara individual atau ke Group dengan kapasitas anggota hingga 5.000 orang. Fitur ini juga mengizinkan kamu sebagai pengguna untuk meng-edit pesan kamu yang telah terkirim ke pengguna lain dengan batas waktu 48 jam setelah waktu pengiriman. Selain itu pesan pada Telegram dapat disimpan sebagai draft sebelum dikirim, dan draft tersebut dapat diubah maupun dikirim pada gadget lain selama terhubung dalam akun yang sama.

  8. Lebih aman. Pesan pada Telegram menggunakan enkripsi jenis end-to-end. Walaupun fitur ini juga sudah ada pada aplikasi WhatsApp, keamanan pada Telegram masih dinilai lebih aman yang menggunakan skema MTProto. Pemerintah Rusia sendiri sempat melarang berdirinya server Telegram di negara mereka dengan alasan server mereka sulit untuk dimasuki yang menyulitkan proses pengawasan. Selain itu, Telegram juga memiliki fitur ‘Secret Chat’, sebuah pesan yang secara otomatis akan menghapus sendiri, yang memanjakan pengguna yang sangat mempermasalahkan soal keamanan isi dari pesan.
  9. Tidak membebani memori. Membagikan file baik dalam bentuk foto, video, ataupun audio tidak akan membebani memori dari gadget anda. Berbeda dengan aplikasi WhatsApp yang mana setiap file yang dibagikan akan tersimpan dalam memori gadget, setiap file yang dikirim lewat aplikasi Telegram akan tersimpan selamanya pada server milik mereka, kecuali jika anda menghapusnya. Hal ini juga yang membuat Telegram lebih unggul dibandingkan LineMessenger yang hanya bisa menyimpan file di server dalam jangka waktu tertentu.
  10. Fitur ‘Channel’. Fitur ini membuat pengguna dapat melakukan komunikasi atau mengirim pesan satu arah kepada seluruh anggota ‘channel’ tesebut. Fitur ini memiliki keunggulan dari segi batasan yang akan meminimalisir penggunaan channel untuk keperluan yang tidak seharusnya bila dibandingkan dengan penggunaan ‘Group’ biasa karena setiap aktifitas komunikasi pada channel secara penuh diatur oleh satu orang pengguna yang menjadi administrator.Kapasitas channel di Telegram pun memiliki jumlah yang besar. Fitur ini seringkali menjadi pilihan bagi para penyedia jasa online shop untuk menjual dan mempublikasikan, barangnya.

  11. Lebih fleksibel Telegram bersifat ope-source yang berarti para pengguna secara umum dapat membuat fitur-fitur tambahan yang dapat disertakan pada aplikasi ini. Hal ini membuat Telegram lebih fleksibel dibanding aplikasi sejenis seperti WhatsApp ataupun LineMessenger dimana setiap pembaharuan fitur pada aplikasi tersebut hanya bisa dilakukan oleh developer.

  12. Aplikasi perpesanan instan Telegram memang dikenal sangat kuat dalam hal keamanannya, tapi itu bukan berarti Anda harus selau menyembunyikan semuanya. Sebenarnya, Anda juga bisa berbagi tentang apa yang Anda sedang rencanakan. Bertepatan dengan semua itu, kini Telegram telah diperbarui untuk perangkat Android dan iOS dengan fitur tambahan, yakni fitur berbagi lokasi secara real-time. Ketika fitur ini diaktifkan, maka semua orang dapat melihat dimana lokasi perangkat berada. Fitur ini dapat di aktifkan selama 15 menit hingga 8 jam. Seperti yang bisa Anda bayangkan, hadirnya fitur berbagi lokasi secara real-time ini bisa sedikit lebih membantu jika Anda ingin bertemu seseorang, atau ingin mengetahui kapan teman Anda pulang dari tempat kerja. Seperti yang Selular lansir dari laman Engadget pada, Kamis (12/10), bahwa tim Telegram juga memperbaiki dan meningkatkan fitur lainnya untuk para penggemar musik dan polyglot (orang yang menguasai 4 bahasa atau lebih). Pemutar media didalam aplikasi telah mengalami perombakan yang cukup baik. Selain itu, dukungan bahasa antarmuka aplikasi ini jauh lebih baik. Beberapa bahasa yang sudah didukung antara lain Rusia, Prancis, Ukraina, Indonesia, dan Melayu.

  13. Meski sebelumnya pemerintah Indonesia sudah memblokir layanan ini pada Jumat (14/7) lalu. Namun diketahui, pemerintah hanya memblokir akses terhadap layanan web Telegram. Aplikasi mobile yang ada di PlayStore ternyata masih bisa diakses dan digunakan seperti biasa. Ada satu hal unik di Aplikasi ini, selain digunakan sebagai media perpesanan, aplikasi ini dapat menyimpan foto yang ada di Instagram secara instan. Mau tau caranya? Yuk simak cara save foto dari Insagram berikut. 1. Login ke Instagram, kemudian salin alamat/url dari foto yang ingin kalian simpan. cara-download-foto-dari-instagram(1). Setelah url berhasil disalin/di-copy, buka aplikasi Telegram kemudian paste url tadi ke salah satu chat. Kemudian ketuk foto yang muncul di kolom chat. cara-download-foto-dari-instagram(2). Terakhir, ketuk tombol pilihan yang ada di pojok kanan atas, kemudian pilih “Save to gallery”

  14. Chat bisa dilakukan lintas piranti dan bisa mengirim dokumen dengan berbagai tipe
  15. Memiliki enkripsi yang baik sehingga mampu menjaga rahasia personal dan  bisnis
  16. Pesan bisa diatur sesuai waktu dan dapat menggunakan komputasi awan
  17. Pesan-pesan di Telegram terenkripsi ketat dan dapat otomatis menghancurkan pesan
  18. Telegram mengirimkan pesan lebih cepat dari aplikasi lainnya
  19. Server Telegram tersebar di seluruh dunia demi menjamin keamanan dan kecepatan pengiriman pesan
  20. Telegram membuat pesan yang berada di dalamnya tidak dapat diretas
  21. Aplikasi chatting bernama Telegram yang punya karakteristik mirip dengan WhatsApp disebut-sebut akan melakukan pembaruan, namun pembaruan itu mencontek dari aplikasi pesan singkat lainnya. Diberitakan Neowin aplikasi pesan singkat Telegram untuk desktop akan meluncurkan fitur serupa Skype.
    Saat ini tim sedang menguji layanan panggilan suara dengan update ke Beta Telegram App for Desktop. Sebelumnya, tim telah merilis fitur Calling beberapa waktu lalu untuk versi Android dan iOS. Tampaknya update terbaru kini ditujukan untuk platform Windows, Mac dan Linux. Telegram, cara pengoperasiannya hampir mirip dengan WhatsApp, pengguna hanya cukup memasukan nomor HP, maka daftar kontak secara otomatis akan muncul. Aplikasi ini berbasis cloud, yang berarti dapat memindahkan percakapan antara smartphone, tablet dan desktop dengan mudah. Namun, layanan pesan singkat ini belum mempunyai fitur pendukung seperti Skype, misalnya tidak ada fitur panggilan grup atau video. Aplikasi Telegram dikembangkan oleh Pavel dan Nikolai Durov, yang merupakan pendiri VKontate, yaitu sebuah social Networks terbesar di Eropa. Walaupun memiliki kemiripan dengan WhatsApp, aplikasi ini memiliki beberapa keunggulan, diantaranya mengirim pesan lebih cepat ketimbang WhatsApp, Telegram juga lebih ringan dijalankan, tidak hanya itu Telegram dapat diakses secara bersamaan di berbagai perangkat.

  22. Tim dibalik Telegram terus fokus membuat aplikasi pesan mereka seakurat mungkin. Versi terbaru Telegram menyuguhkan sejumlah fitur dan penyempurnaan baru untuk admin dan pengguna biasa. Inti dari Telegram 4.1 adalah tools baru admin seperti pilihan untuk melarang anggota dari kelompok supergroup, serta bagian “Recent Action” yang mencegah kebingungan antara beberapa admin yang bekerja dengan satu grup. Di iOS, Telegram 4.1 menambahkan peningkatan perpanjangan ekstensi, yang memungkinkan pengguna menambahkan komentar opsional dan memilih beberapa penerima lebih mudah.

  23. Sentuhan 3D pada ikon aplikasi memungkinkan  melihat beberapa tindakan baru seperti mengambil foto atau video dan mengirimkannya ke beberapa penerima. Di sisi lain, pengguna Android akan mendapatkan dukungan Android Pay untuk Pembayaran Bot, dan juga pilihan media yang disempurnakan seperti foto dan video, yang sekarang dikelompokkan bersama saat Anda mencoba membagikannya dari menu lampiran atau galeri.

  24. Selain itu, pengembang memastikan bahwa mereka telah menerapkan beberapa alat anti-sensor termasuk kemampuan untuk menyiapkan server Proxy, yang dapat ditemukan di bagian “Data and Storage” pada Settings.

  25. Terakhir, ukuran maksimal supergroup telah ditingkatkan menjadi 10.000 anggota, jadi untuk memudahkan admin, mereka sekarang bisa mencari anggota di channel mereka.  Mampu menjadi sarana komunikasi grup dengan anggota di atas 10.000

wp-1515653957379..jpgwp-1515652380310..jpg

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s