Panglima TNI: Luruskan Sejarah, Yang Bunuh Jenderal Belanda Mallaby Bukan TNI Tetapi Santri

Panglima TNI: Luruskan Sejarah, Yang Bunuh Jenderal Belanda Mallaby Bukan TNI Tetapi Santri
Panglima TNI mengngatkan bahwa jasa kaum santri dan kiai dalam perjuangan kemerdekaan sangatlah besar. “Sebagai Panglima TNI, saya ingatkan, yang membunuh Jenderal Mallaby bukan TNI. Yang membunuh (Mallaby) itu santri. Yang menurunkan bendera (Belanda) di Hotel Orange juga santri, bukan TNI,” ujar Jenderal Gatot Nurmantyo
Dalam peringatan HUT TNI ke-72, Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmayanto melakukan ziarah ke makam pahlawan. Menurut Gatot, tradisi ziarah dimaksudkan untuk mengingatkan para prajurit, agar mencontoh jiwa juang yang diwariskan oleh para pahlawan. “Kami mentradisikan ziarah ke makam para mantan presiden Republik Indonesia yang merupakan Panglima Tertinggi TNI dan juga Jenderal Soedirman. Kita juga berdoa agar beliau semua menjadi pahlawan dan syuhada,” ujar Jenderal Gatot dalam keterangan tertulisnya yang diterima Republika.co.id, Selasa (19/9) pagi. Didampingi seluruh Panglima Komando Utama (Pangkotama), Gatot berziarah ke makam Ir Soekarno di Kelurahan Bendogerit, Blitar, dan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Pesantren Tebuireng, Jombang, pada Senin (18/9).  “Seharusnya serangan dilakukan pada 9 November. Tapi Kiai Hasyim meminta semuanya menunggu kedatangan Singa dari Jawa Barat (julukan untuk Kiai Abbas),” tutur Panglima. Dari cerita ini tentu bisa dilihat, jasa kaum santri dan kiai dalam perjuangan kemerdekaan sangatlah besar. “Sebagai Panglima TNI, saya ingatkan, yang membunuh Jenderal Mallaby bukan TNI. Yang membunuh (Mallaby) itu santri. Yang menurunkan bendera (Belanda) di Hotel Orange juga santri, bukan TNI,” ujar mantan kepala staf TNI Angkatan Darat (KSAD) itu.

Karena itu, menurut Gatot, tema HUT ke-72 TNI kali ini adalah ‘Bersama Rakyat, TNI Kuat’, karena memang sejarahnya rakyat ikut mengerjakan tugas TNI. Tradisi ziarah ini sudah memasuki tahun ke-2 yang dijalani Jenderal Gatot setiap kali peringatan HUT TNI. Dalam kunjungan ziarah tersebut, Jenderal Gatot didampingi oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Wakil Bupati Jombang Mundjidah Wahab.
Sumber: replubika.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s